Disebut Akali Financial Fair Play, PSG dan City Membantah

financial fair play
Foto: Goal.com

Nulisbola.com – Salah satu media sepak bola yakni Football Leaks mengungkapkan bahwa UEFA telah memberikan bantuan kepada dua tim kaya raya yakni PSG dan Manchester City untuk bisa memalsukan laporan keuangan. Melalui European Investigate Collaboration (EIC), media tersebut menjelaskan bahwa EUFA berperan penting dalam membantu PSG dan Manchester City untuk terhindar dari sanksi Financial Fair Play.

Jaringan yang berisi delapan media terkemuka di Eropa tersebut mengungkap adanya kejanggalan dalam laporan keuangan PSG dan City, setidaknya dalam kurun waktu dari tahun 2011 hingga 2013. Nama Gianni Infantino yang dulu merupakan Sekretaris jenderal UEFA dan kini menjadi presiden FIFA disebut-sebut menjadi aktor penting.

Menurut laporan dari Football Leaks, pria asal Swiss tersebut membantu PSG dan City dalam memalsukan laporan keuangan untuk Financial Fair Play di mana dalam laporan tersebut kedua klub yang dimiliki oleh konglomerat Timur Tengah menderita kerugian sebanyak 45 juta euro.

Padahal di dokumen yang diperoleh oleh media EIC, Der Spiegel, selaku badan investigator EUFA dan auditor independen menyebutkan bahwa PSG mengalami kerugian 128 juta euro dan City sebesar 188 juta euro.

Infantino pun dipercaya secara rutin mengatur berbagai pertemuan rahasia antara petinggi PSG dan Manchester City untuk dapat memecahkan masalah tersebut. Spiegel bahkan juga turut menyertakan komunikasi antardua klub tersebut melalui surat elektronik.

Seperti yang dicatat dalam surel pada 2 Mei 2014. Infantino dilaporkan sudah membocorkan penemuan investigator UEFA kepada Chairman The Citizens, Khaldoon Al Mubarak. “Anda akan melihat bahwa saya kadang-kadang memilih kata-kata yang ‘terlihat’ lebih ‘kuat. Silakan baca dokumen dengan semangat ini,” tulis pria berkepala plontos tersebut.

Namun sejauh ini, laporan mengenai kecurangan dalam Financial Fair Play tersebut telah dibantah oleh PSG dan juga Manchester City.

About Bagas Dharma 165 Articles
Seorang penulis yang juga menekuni dunia sulap dan hobi sepakbola.

Be the first to comment